IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Dosen Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja
  • Dosen Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja
  • Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Universitas Baturaja
Keywords: Implementasi, Keterampilan Mengajar, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterampilan dasar mengajar guru SMP N 1 Tiga Dihaji Ogan Komering Ulu Selatan. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan naturalistic. Sumber data berjumlah 6 orang guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan data dengan kredibilitas, transferbilitas, dependibiltas dan komfirmabilitas. Temuan penelitian adalah  dalam penerapan 8 keterampilan dasar mengajar guru melaksanakan dengan membuka pelajaran seperti mengucap salam, menyanyikan lagu wajib, mengecek kehadiran siswa, menanyakan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi hari ini, menjelaskan materi pelajaran sesuai SK/KD, memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, menggunakan bahan ajar seperti buku, papan tulis dan lainnya. Melakukan diskusi kelompok. Menyimpulkan materi pelajaran kemudian memberi pekerjaan rumah (PR) dan diakhiri dengan salam. Tema budaya dalam penelitian ini adalah variasi media pembelajaran guru hanya menggunakan buku dan papan tulis. Dalam membuka pelajaran guru bersama siswa menyanyikan lagu wajib nasional. Memberi reward berupa nilai tambahan, makanan dan alat tulis. Guru juga terkadang menggunakan bahasa daerah jika ada siswa yang kurang paham dengan penjelasan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arikunto, suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta :Rineka Cipta.
[2] Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif.Jakarta : Rineka Cipta.
[3] Usman, Moh Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosdakarya
[2] Sugiyono. 2012. Metode penelitian kualitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[3] Jauharul. 2015. Universitas negeri padang. Penerapan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran seni budaya di kelas VIII 2 SMP 14 Padang. E-Jurnal sendratasik fbs pendidikan negeri vol. 4 No. 1 seri A September 2019. (diakes pada tanggal 28 April 2019).
[4] Nuraini Ika Hidayati. 2013. Universitas semarang. implementasi keterampilan dasar mengajar guru mata pelajaran bahasa jawa di SMP Negeri 1 semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa. (http:// jurnal lib. unnes.ac.id. 18353. pdf. Diakses Pada tanggal 28 April 2019).
[5] Septiani Sarah. 2018. Universitas islam negeri raden intan lampung. Implementasi keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SMAS taman siswa teluk Betung. Jurnal pendidikan pembelajaran PAI. (https:// SKRIPSI%20SARAH%20SEPTIANI (1). pdf. Diakses pada tanggal 23 Jahuari 2020).
Published
2021-12-31