Pengembangan Media Pembelajaran Board Game Akidah Akhlak Untuk Siswa Kelas X Madrasah

  • Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Media Pembelajaran, Board Game, Akidah Akhlak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Board Game dengan nama Ajrun Game pada pembelajaran Akidah Akhlak materi induk-induk Akhlak Terpuji dan tercela. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini merujuk pada langkah-langkah pengembangan meliputi, 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk, 7) revisi produk, 8) ujicoba pemakaian. Penilaian terhadap media dilakukan oleh para pakar yang terdiri dari Dosen, Guru, dan siswa. Media pembelajaran Ajrun Game memiliki karakteristik unik dalam rangka memberikan pemahaman dan pembiasaan kepada siswa untuk berakhlakul karimah.

Penilaian guru terhadap konten materi masuk pada kategori sangat baik. Sebesar 88 persen guru menganggap bahwa konten materi yang terdapat pada game sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, cakupan materi, dan kemampuan game digunakan sebagai instrumen evaluasi. Penilaian dosen sebagai ahli media sebesar 91 persen yang menunjukkan bahwa, media pembelajaran board game “Ajrun” sangat layak digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak dan media dapat diuji coba kepada siswa. Penilaian siswa terhadap media Ajrun game sebesar 90.4 persen atau masuk pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa, media pembelajaran Ajrun game dapat diterima oleh siswa sebagai media pembelajaran Akidah Akhlak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-01