Pelaksanaan Keterampilan Pengelolaan Kelas oleh Guru di Sekolah Menengah Kejuruan

  • Universitas Baturaja
Keywords: Keterampilan, Pengelolaan kelas, guru

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Keterampilan Pengelolaan kelas oleh guru di SMK Negeri 1 Martapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada semua guru yang  mengajar di SMK Negeri 1 Martapura yang berjumlah 52 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisa statistik dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (bersifat preventif) di dapat hasil 94,41%. Berdasarkan analisis tersebut maka pada aspek keterampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal (bersifat preventif) sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Guru dalam keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal didapat hasil 93,9%, berdasarkan analisis tersebut maka pada aspek keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan kondisi belajar yang optimal sudah dilakukan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-01