POTENSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA MEDIA PROMOSI PARIWISATA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DESA BATTU WINANGUN

  • Dosen Prodi Teknik Sipil Universitas Baturaja
  • Dosen Prodi Informatika Universitas Baturaja
  • Dosen Prodi Teknik Lingkungan Universitas Baturaja
  • Dosen Prodi Teknik Lingkungan Universitas Baturaja
  • Dosen Prodi Informatika Universitas Baturaja
  • Dosen Prodi Teknik Lingkungan Universitas Baturaja
  • Dosen Prodi Teknik Sipil Universitas Baturaja
Keywords: media sosial, pariwisata, partisipasi masyarakat

Abstract

Potensi media sosial sebagai media promosi pariwisata sangatlah besar. Akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah bagaimana agar media sosial tersebut dapat dikenal dan memiliki banyak pengikut agar konten yang dipublikaskan dapat diterima orang banyak. Biasanya media sosial dalam suatu promosi pariwisata juga diintegrasikan dengan media konvensional seperti televisi, radio dan surat kabar. Bagaimana jika suatu daerah tidak memiliki dana besar untuk menginterasikannya dengan media konvesional, hal tersebut dapat diatasi dengan partisipasi masyarakat. Partisipasi masyarakat di sini dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat di daerah tersebut untuk ikut dalam mempromosikan pariwisata melalui media sosialnya masing-masing. Langkah awal tersebut dinilai lebih efektif daripada membuat media sosial dari awal. Pemerintah daerah dapat menfasilitasi untuk membuat sebuah komunitas untuk menjaring pengguna media sosial di daerahnya, sehingga pemerintah daerah dapat dengan mudah mengontrol dan mengelola pengguna-pengguna media sosial tersebut dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Published
2021-12-04
Section
Articles