Proses Pendidikan Petani melalui Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Sumatera Selatan

  • Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Selatan
Keywords: Petani, Pendidikan, SL-PTT

Abstract

Penulisan ini berdasar dari program pendampingan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu SL-PTT untuk berbagai komoditas pangan yang dilakukan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di Sumatrera Selatan. PTT adalah suatu pendekatan inovatif dan dinamis dalam upaya meningkatkan produksi dan pendapatan petani melalui perakitan komponen teknologi secara partisipatif bersama petani. SL-PTT adalah bentuk sekolah yang seluruh proses belajar –mengajarnya di lakukan di lapangan dan  di tempat-tempat lain yang berdekatan dengan lahan belajar, tidak terikat ruang kelas. Sekolah lapang (SL) menjadi tempat pendidikan nonformal bagi petani untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan utamanya dalam mengenali potensi, penyusunan rencana usahatani, mengatasi permasalahan. Menggunakan metode pembelajaran orang dewasa (POD) dan dilakukan secara partisipatif dengan metode ceramah 30 persen sisanya adalah simulasi, praktek, diskusi kelompok di lokasi demplot atau laboraturium lapang. Pendidikan petani melalui SL-PTT diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani dalam budidaya tanaman pangan yang terpadu dan berkelanjutan. Peningkatan produksi usahatani melalui pendekatan SL-PTT menjadi salah satu strategi yang diharapkan mampu memberikan sumbangan nyata dan lebih besar terhadap produksi pangan nasional. Pendekatan ini akan berhasil meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani sehingga mampu meningkatkan produksi dan pendapatan petani manakala didukung oleh semua pihak, termasuk pemangku kebijakan baik di pusat, maupun di daerah.

Published
2015-01-01