Guru sebagai Model dalam Pendidikan Karakter

  • Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Baturaja
Keywords: Karakter, Model, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang seperti dalam bertingkah laku baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati orang lain, dan kerja keras . Hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang kita hadapi di masa sekarang. Penggerogotan terhadap karakter bangsa telah terjadi secara sistemik di Indonesia. Manusia Indonesia seakan sudah tidak memiliki rasa malu untuk melakukan kecurangan dan pelanggaran hukum. Berbagai permasalahan seperti mencontek, korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, dan sebagainya dewasa ini merupakan hal lumrah yang kerap didengar dan dijumpai pada berbagai ranah kehidupan masyarakat. Persoalan karakter dalam pendidikan dengan demikian, bukanlah hal baru lagi dalam wacana pendidikan di Indonesia. Pembangunan karakter telah menjadi alasan utama mengapa proses pendidikan itu harus dilakukan di negeri ini.Dalam hal ini, guru juga berperan sebagai pendidik (nurturer) yang berperan dan berkaitan dengan tugas-tugas memberi bantuan dan dorongan (supporter), tugas-tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugastugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Guru sebagai penanggung jawab pendisiplinan anak harus mengontrol setiap aktivitas anak-anak agar tingkat laku anak tidak menyimpang dengan norma-norma yang ada.  Artikel ini membahas guru dalam pendidikan karakter.

Published
2015-01-01