Pengembangan Program Studi Berbasis System Approach; Upaya Implementasi Penjaminan Mutu Berkelanjutan

  • Universitas Baturaja
Keywords: program studi, system approach, penjaminan mutu, berkelanjutan

Abstract

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di setiap tingkat dan jenjang lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh proses pengelolaan dan penyelenggaraan menajemen pendidikannya.Manajemen yang baik di suatu lembaga pendidikan merupakan salah satu upaya yang tepat untuk meningkatkan kualitas proses pendidikan secara keseluruhan dan mempertinggi angka kebutuhan masyarakat akan pendidikan sampai ke jenjang tinggi.Prosesevalusi dan penjaminan mutu berkelanjutan adalah salah satu strategi untuk meningkatkan relevansi,akuntabilitas proses pendidikannya serta meningkatkan kemampuan pengelolan perguruan tinggi terutama di tingkat program Studi. Kualitas sebuah program studi merupakan perwujudan atas bekerjanya fungsi dan peranan perguruan tinggi. Fungsi dan peranan perguruan tinggi dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu 1) Pendidikan dan pengajaran, 2) Penelitain dan 3) Pengabdian Masyarakat. Penerapan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut tidak terlepas dari hasil kerja (keras) dari berbagai pihak yang sangat berkepentingan mulai dari dosen, mahasiswa, pimpinan dan tenaga kependidikan lainnya. Kualitas program studi yang optimal dapat dicapai bila semua unsur-unsur diatas berinteraksi secara harmonis.Selain itu hal yang tidak kalah pentingnya adalah dukungan fasilitas,dana, manajemen yang efektif dan efisien. Arah kebijakan pengembangan program studi dapat dilakukan melalui dua cara yaitu pengembangan kualitas penyelenggaraan dan pengembangan .Sebagai lembaga yang dibiayai dengan dana masyarakat maka setiap lembaga Perguruan Tinggi wajib memenuhi tuntuhan dan harapan masyarakat dengan tata kelola dan manajemen mutu pengelolaan secara berkelanjutan.Salah satu acuan yang baku saat in adalah Peraturan Pemerintah Tentang Standar Nasional badan yang diwujudkan melalui program Akreditasi  yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Published
2015-01-01